Friday 16 March 2012

Jaringan Multi User-PC

     Perkembangan bisnis saat ini memang tidak bisa dilepaskan dari teknologi komputer. Semakin pesat pertumbuhan bisnis yang dicapai, semakin besar ketergantungan terhadap perangkat elektronik ini, dan semakin besar dana yang diperlukan untuk membeli atau upgrade komputer di tiap unit kerja. Belum lagi jika unit kerja yang dimaksud membutuhkan komputer dengan kemampuan dan kinerja tinggi. Masalahnya adalah hanya sekitar 40% dari kemampuan komputer yang umum digunakan, selebihnya nyaris tidak pernah tersentuh. Ini adalah pemborosan, baik dari sisi pembiayaan, maintenance, support dan penggunaan energi listrik. Lalu bagaimana solusinya..??

     Multi-User PC merupakan salah satu jawaban untuk mengatasi masalah ini. Multi-User disini bukan hanya penggunaan multiple user-account biasa dari sebuah sistem operasi, tetapi penggunaan sebuah CPU dengan beberapa monitor dan dikontrol oleh masing-masing user secara independen dan simultan. Setiap user dapat menggunakan resource CPU untuk beragam tugas yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, sehingga tidak ada kemampuan yang terbuang percuma. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Multiple User Add On Kit, sebuah perangkat jaringan yang memaksimalkan fitur multi-channel display dari VGA card merupakan fitur standar VGA card generasi baru.
     Multiple User Add On Kit memiliki 3 ~ 5 slot, dan tiap slot berisi serial portuntuk monitor, LAN connector RJ45, PS2 port dan USB port untuk keyboard dan mouse. Koneksi dengan CPU biasanya menggunakan LAN Card yang terpasang pada PCI slot, dengan jumlahconnection port disesuaikan dengan jumlah slot yang tersedia. Instalasi perangkat multiple-user kit ini mirip dengan instalasi VGA splitter yang sering digunakan, tetapi tanpa menggunakan perangkat switching.
     Secara umum, perangkat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan multi-user adalah :
- 1 x Multiple-User Add On Kit, dengan 3 ~ 5 slot
- 1 x VGA Card yang mendukung DirectX 9c dan multi-channel display dengan kapasitas min.128 Mb
- 1 x Fast Ethernet Card 100 Mb dengan jumlah port disesuaikan dengan slot yang akan digunakan. Bisa juga menggunakan lebih dari 2 Ethernet Card di slot PCI yang berbeda.
- kabel UTP untuk jaringan LAN sesuai kebutuhan
- User set :
   * User account yang terdaftar dalam sistem operasi yang digunakan
   * Standar CRT/LCD monitor display
   * Standar/PS2 keyboard dan mouse
- Spesifikasi CPU minimum :
   * untuk max 6 user :
      - Processor Dual Core / Core2Duo 3.0 GHz
      - Minimum 2 Gb memory
      - OS Windows 2000/XP/Vista/Win7
   * untuk max 11 user :
      - Processor QuadCore / i-Core 2.4 GHz
      - Minimum 4 Gb memory
      - OS WinXP/Vista/Win7

Berapa besarnya penghematan dari sistem ini? Anda bisa menjumlahkan total biaya yang dibutuhkan untuk membeli 11 unit PC dikurangi harga 9 unit CPU, dan Anda masih memiliki satu CPU sebagai cadangan jika CPU yang sedang digunakan mengalami masalah/kerusakan. That's a lot of profits, right..?!

No comments: