Tuesday 4 June 2013

Memasang Peta Google dan Menandai Lokasi Tertentu!

Ada pengalaman menarik ketika mengunjungi salah satu situs yang menginformasikan lokasi-lokasi wisata di kota tertentu. Situs itu dilengkapi dengan peta yang diambil dari google map. Peta itu tidak diambil dengan cara “printscreen” yang berupa “image”, melainkan benar-benar sebuah peta asli dan persis sama dengan peta yang digunakan di google map. Nah mengapa bisa demikian?
Google merupakan sebuah situs yang melayani berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan dunia maya. Google menyediakan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan kita memanfaatkan layanan-layanan yang dimiliki google. Salah satunya Google Map. API ini merupakan rangkaian kode-kode tertentu yang bisa dipasang dan di-embed (ditanam) di website atau blog yang kita kelola. Melalui API, kita bisa menampilkan ulang tampilan google map. Mulai dari ukuran, penandaan, posisi dan sebagai macam. Hal inilah yang menarik perhatian Saya untuk membuat sebuah halaman web yang memaparkan nama lokasi tertentu yang terdapat di kota Padang. Kota tempat orang tua saya berdomisili.
Pada dasarnya, aplikas ini hanya memiliki 2 file. File pertama adalah halaman utama “index.php” dan yang kedua adalah file database dalam bentuk XML dengan format RSS. Saya menggunakan file XML agar memudahkan saya dalam mendesain aplikasi sederhana ini. Intinya supaya saya tidak mengutak-atik database hostingan isaninside.net. Jika Anda ingin mengambangkan dengan menggunakan DBMS (ex. MySQL) mungkin akan lebih baik lagi.
Data XML tersebut saya parsing dengan menggunakan fungsi parsing XML sederhanya bawaan PHP. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda akan memiliki pengalaman tentang cara mengelola data yang bersumber dari file-file XML. Tidak tertutup kemungkinan untuk mengenal Web Services.
Tampilan Peta Padang Map Google
Silahkan kunjungi demonya di link beikut ini : demo
Silahkan Download Aplikasinya di Link Berikut ini : download
Hal yang penting untuk diketahui.
  • Peta aplikasi ini secara otomatis akan membuka peta kota Padang, mengapa demikian? Hal ini terjadi karena Longitude dan Latitude yang digunakan untuk posisi kota padang.
  • Bagaimana cara mengetahui longitude dan latitude kota yang saya inginkan? Caranya sebagai berikut : Silahkan kunjungi map.google.co.id -> buka peta yang akan diambil (ex. kota padang) -> klik tanda rantaiyang terdapat di bagian kanan atas google map ->copy-lah script seperti berikut ini :
http://maps.google.com/maps?q=-0.91365,100.364742&hl=en&ll=-0.910668,100.367811&spn=0.011049,0.021136&sll=-0.91365,100.364742&sspn=0.011049,0.021136&t=h&vpsrc=6&z=16
  • Bagian tebal hitam adalah Latitude dan Longitude untuk halaman yang dilihat. Angka-angka ini digunakan untuk menampilkan halaman yang akan terbuka di website peta rancangan anda!
  • Bagian tebal merah digunakan untuk menunjuk titik tengah dari gambar yang sedang di buka. Artinya angka-angka ini digunakan untuk menandai lokasi tertentu (member tanda).
  • Bagaimana supaya Longitude dan Latitude suatu lokasi tepat? Caranya, silahkan arahkan mouse ke lokasi yang diinginkan, klik kanan dan pilih  “Center map here”.
  • Silahkan lakukan modifikasi untuk semua Latitude dan Longitude data XML yang terdapat di file tersebut, sesuaikan dengan keinginan Anda!
Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat, Yogyakarta – Isaninside November 2011.

1 comment:

Unknown said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Google API', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat