Tuesday 19 March 2013

10 Software Open Source untuk Membangun Website Sendiri


10 Software Open Source untuk Membangun WebsiteLagi mencari software membangun website sendiri? Software open source masih tetap terbaik. Banyak dari software tersebut memiliki fitur yang sebanding dengan software mahal seperti Visual Studio, dll. Kalaupun kita tidak menemukan fitur yang benar-benar lengkap dalam satu software, kita masih bisa menggunakan kombinasi dari dua atau lebih software karena tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya apapun selagi menggunakan open source.
Ternyata menulis artikel yang berisi daftar software OPEN SOURCE tidak begitu sulit, karena bagi pemula seperti saya meskipun banyak pilihan software, tentunya tidak semua juga harus dicoba, tapi mungkin bagi para developer expert lain ceritanya. Berikut 10 Software Open Source – gabungan dari IDE (Integrated Development Environment), web server, database, CMS, serta lainnya – yang membantu pemula (seperti halnya saya) membangun website sendiri:

Aptana Studio

Aptana Studio Mendukung teknologi web terbaru seperti HTML5, CSS3, JavaScript, Ruby on Rails, PHP & Python. Seperti kebanyakan IDE, Aptana Studio memiliki fitur Syntax highlighting, auto-completion kode program, Integrated debugger untuk mengatur breakpoints, memeriksa variabel serta pelaksanaan kontrol. Software ini juga mendukung integrasi terhadap Git, mempunyai ‘built-in terminal’ mengakses perintah sistem operasi.
Para pemula juga pastinya terbantu dengan adanya semacam sistem Wizard membantu publikasi aplikasi Web yang sedang dikerjakan. Aptana Studio sebagai aplikasi berbasis open source, support sistem operasi Mac OS X, Windows 7 serta semua varian Linux.

Komodo Edit

Komodo Edit adalah aplikasi ‘code editor’ based-on Mozilla, bersama dengan Scintilla. Software ini mendukung bahasa pemrograman Python, Perl, PHP, Ruby, HTML5, CSS3, JavaScript, SQL, Tcl dan XML. Komodo Edit 7 telah menambahkan dukungan Node.js, CoffeeScript, LESS, SCSS, EJS and epMojo.
Komodo Edit memiliki built-in FTP client yang mendukung akses file web hosting internal tanpa harus membuat sebuah proyek atau men-download seluruh struktur direktori.Bagi pengguna browser Firefox Komodo Edit juga menyedia add-ons yang membuat pembuatan website semakin menyenangkan. Dan seperti kebanyakan open source lainnya, aplikasi ini juga support Linux, Windows, Mac OS X.

NetBeans

Software yang awalnya digunakan bagi pemrograman Java ini tentunya gratis. Dengan segala perkembangannya, kita bisa membuat aplikasi desktop, web, sampai aplikasi mobile menggunakan bahasa pemrograman Java serta C / C + +, PHP, JavaScript, Groovy, Ruby menggunakan NetBeans. Salah satu fitur hebat pada NetBeans adalah debugging, jadi kita bisa dengan cepat melakukan coding bebas bug menggunakan NetBeans. Menurut pengamalaman sendiri, NetBeans terlihat sangat lamban bila menggunakan PC jadul bila menginstal juga mengaktifkan seluruh fiturnya. Jadi sangat disarankan mendownload dan instalasi paket NetBeans yang digunakan saja sebagai optimalisasi pembangunan website.

Drupal

Drupal adalah CMS (Content Management Systems) open source, seperti WordPress serta Joomla. Bagi seorang pemula, drupal bisa dikatakan cukup mudah, walau dalam tahap instalasinya mungkin sedikit lebih repot dibandingkan WordPress. Menurut pengalaman pribadi, Drupal ternyata mempunyai terintegrasi ke sosial media dengan lebih baik dibandingkan WordPress maupun Joomla. Selain itu, plugin-plugin e-commerce yang biasanya sulit pada WordPress dan Joomla pun bisa diatasi dengan baik oleh Drupal melalui Ubercart.

MySQL

MySQL adalah aplikasi database populer, powerfull. Anda dapat mengintegrasikan dengan PHP, Java serta bahasa pemrograman lainnya membuat aplikasi yang efektif. Anda dapat menggunakan MySQL Workbench, merupakan alat GUI untuk integrasi database, administrasi juga pemeliharaan menjadi IDE tunggal sistem database MySQL.

Apache Web Server

Apache telah menjadi web server paling populer sejak April 1996. Dirilis di bawah Lisensi Apache, aplikasi ini tidak memerlukan perubahan versi untuk didistribusikan di bawah lisensi yang sama. Meskipun dikembangkan untuk UNIX, Apache juga berjalan pada Windows, Mac OS X. Mendukung bahasa pemrograman umu seperti PHP, Perl, Tcl & Python, Apache juga memungkinkan berjalannya Virtual hosting, artinya satu instalasi Apache dapat memuat banyak website berbeda. Selain itu Apache juga mendukung otentikasi password dan otentikasi sertifikat digital. Fitur lain termasuk Secure Socket Layer, dukungan Transport Layer Security, URL re-writer dan kustom file log.

Apache Tomcat

Seperti yang dinyatakan oleh situsnya, Apache Tomcat merupakan implementasi software open source dari Java Servlet dan Java Server Pages teknologi. Tidak perlu bingung membandingkan Apache Tomcat dengan server Apache. Tomcat adalah wadah Web yang melayani halaman Website ditulis di Java, sedangkan Apache adalah server HTTP ditulis dalam C. Software ini dapat digunakan melalui Eclipse IDE.

Inkscape

Inkscape adalah software grafis vektor. Sejauh Inkscape masih menjadi pilihan paling populer untuk software grafis berbasis open source menghias website Anda. Program ini mendukung format file Vector Graphics standar Scalable (SVG), serta lainnya. Untuk urusan import file dari berbagai format, termasuk jpg, png, tif serta lainnya, serta eksport ke format berbasis vektor and png. Faktanya, jangan terlalu membanding software satu ini dengan software sejenis yang berbayar karena jelas kalah kuat. Tapi kreativitas bisa mengalahkan fitur, bukan?! Well, I guest so.

FileZilla

FileZilla adalah software FTP, FTPS serta SFTP client GRATIS dan Open Source. FileZilla juga tersedia sebagai server jika Anda ingin membagi file, tapi fitur ini bekerja pada Windows saja. Dibuat pada Januari 2001 oleh Tim Klosse sebagai proyek kelas, FileZilla telah menjadi software yang paling banyak didownload kelima sepanjang masa dari SourceForge.net. Fitur penting dari open source ini adalah:
  • Mendukung FTP, FTP melalui SSL / TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP).
  • Menjadi cross-platform, berjalan pada Windows, Linux, * BSD, Mac OS X.
  • Mendukung resume / transfer file yang lebih besar dari 4 GB.
  • Mendukung IPv6.
  • Pembatasan kecepatan transfer data.
  • Wizard konfigurasi jaringan.
  • Mendukung HTTP/1.1, SOCKS5, FTP-Proxy dan sikronisasi browsing direktori.

XAMPP

XAMPP adalah software yang di dalamnya terdapat paket Apache, MySQL, PHP & Perl terintegrasi dengan baik bagi pengembangan website secara lokal. XAMPP didukung pada beberapa sistem operasi: Windows, Linux, OS / X dan Solaris. XAMPP memberikan Anda kekuatan serta fleksibilitas dari sebuah server web tanpa kerumitan pengujian situs.

No comments: