Friday 5 April 2013

Meningkatkan sinyal modem CDMA dengan barang-barang rongsokkan


Internet hemat sudah jadi hal lumrah saat ini, dan sudah terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah (seperti saya :) ) tentunya. Dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi jaringan internet, perusahan-perusahaan seluler saling berlomba menawarkan layanan internet melalui produk-produk modem seluler (CDMA, GSM, 3G, ..etc).  Bagi para konsumen kalangan menegah ke bawah tentu akan memilih layanan termurah. Berdasarkan informasi yang saya tahu saat ini jaringan seluler CDMA termasuk yang lebih terjangkau. Bayangkan saja, produk-produk seluler tersebut menawarkan paket-paket internet unlimited yang lebih  murah ketimbang mengambil paket internet di warnet. Lagian internet di rumah dengan modem jauh lebih sehat  dan nyaman privasinya, daripada begadang semaleman di warnet, udah kena angin malam, susah selonjor, asap rokok, ..dsb :P . Tetapi banyak juga konsumen modem CDMA (seperti saya :( ) merasa kecewa karena mendapatkan layanan internet yang murah-murahan, padahal yang kita harapkan adalah yang murah-meriah atau murah tapi lumayan lah.. buat browsing atau download file :D . Tapi anda yang menyimak artikel ini ndak perlu lah ikut-ikutan kecewa :D , karena saya akan sedikit membahas bagaimana meningkatkan sinyal modem CDMA hanya bermodalkan barang-barang rongsokan yang biasanya kita temukan di gudang atau belakang rumah.
Setelah sekian lama kecewa :’( aku putusakan untuk menemui Mr. Google (www.google.com) dengan memberikan keyword-keyword yang berhubungan dengan peningkatan sinyal modem, dan akhirnya aku mendapatkan beberapa informasi baik dari blog, situs, atau forum, yang intinya meningkatkan sinyal modem dapat digunakan dengan menghubungkan atau menempelkan modem dengan benda-benda mengandung bahan logam  atau lebih baik lagi dengan merancang antena khusus yang sudah ditetapkan standar ukuran dan bahannya. Tetapi aku lebih memilih menggunakan barang bekas atau benda seadanya daripada merancang antena yang standar, karena tidak perlu mengluarkan biaya untuk membeli bahan yang dibutuhkan, dan tidak memerlukan pengukuran, hanya bermodalkan sedikit eksperimen atau coba-coba. Berikut ini review gambar penguat sinyal CDMA yang saya buat.. ;)
Hahahhaha.. :D kalo yang doyan ketawa ya katawa saja melihat gambar di atas. Yap, penguat sinyalnya saya buat dari bahan: Kaleng biskuit lebaran + Tutup ceret almunium + Garpu + Antena radio butut + kabel konektor headset ponsel = Jadilah SATELIT PALAPA, oppss.. kalo diperhatikan memang sedikit mirip satelit PALAPA A euy.., coba lihat gambar di bawah.
Gimana? penasaran.. cara membuatnya cukup mudah. Siapkan kaleng biskuit lebaran, garpu, dan tutup ceret. Selipkan garpu dengan gagang ceret, kemudian gagang garpu ditempelkan pada bagian samping kaleng biskuit dengan sedikit lakban, seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya siapkan antena radio butut yang sudah disambung dengan kabel konektor headset ponsel.
Bagi yang modemnya tidak terdapat colokan antena external, tidak perlu menyiapkan antena radio dan konektor headset, cukup menyiapkan bahan-bahan untuk SATELIT PALAPA hehehe :D . Berikutnya lubangi bagian atas kaleng biskuit lebaran untuk penyangga konektor kabel USB dan modem. Dan terakhir bagi yang modemnya terdapat colokan antena external, tinggal dihubungkan saja dengan konektor headset yg sudah dipasangi antena radio.
Bagaimana? cukup mudah bukan.. Berikut ini hasil dari peningkatan sinyal yang diterima modem sebelum dan sesudah menggunakan penguat sinyal buatan saya.
Dari gambar di atas sudah jelas sekali bahwa sinyal meningkat dari yang tadinya hanya 3 bar kemudian menjadi 5 bar atau Fullbar. Hahay :D ini baru yang namanya internet murah-meriah..
Trik di atas bukan hanya untuk modem CDMA saja, tapi juga bisa untuk modem GSM, 3G, dan lainnya. Kebetulan saja modem yang saya gunakan adalah CDMA, makanya saya tulis artikel ini. Silahkan anda mencobanya, tapi jangan salahkan saya jika nanti tidak berhasil, karena semua butuh experimen dan tidak selalu berpatokan dengan bahan dan model yang saya buat, berkreasilah ;) .

No comments: